Kamis, 10 September 2020

Eits, Ingat! (Nanti) 23 September

dok. info pemilu pilkada

Ups,  23 September?  Nggak salah?  Bukankah hari pemungutan suara Pemilihan Serentak 2020 telah beralih ke tanggal 9 Desember 2020?

Nggak salahlah.  Karena yang dimaksudkan judul di atas bukan 23 September sebagai hari pemungutan suara, namun sebagai hari dimana bakal pasangan calon peserta  Pilkada 2020 akan ditetapkan sebagai pasangan calon yang memenuhi persyaratan calon.  

Tanggal 4-6 September yang baru berlalu,  KPU telah menerima pendaftaran para bakal kandidat. Mereka yang mendaftar dan memenuhi persyaratan pencalonan serta memasukan syarat calon diberikan status 'diterima' pendaftarannya. 

Status diterima pendaftarannya bukan berarti telah sah sebagai pasangan calon.  Status mereka barulah 'bakal pasangan calon (bapaslon)'. Artinya belum  sebagai pasangan calon (paslon)  yang sah untuk melangkah pada tahapan berikutnya yaitu kampanye.  

Hal ini perlu diangkat dan diingatkan mengingat masih terjadi kesalahan penggunaan nomenklatur untuk menyebut para bakal calon yang baru saja mendaftar. Sebagian orang telah menyebut mereka sebagai pasangan calon, padahal tidaklah demikian penyebutan yang benar. 

Para bapaslon tersebut masih harus melewati tahapan penelitian atau verifikasi keabsahan syarat calon,  pemeriksaan kesehatan jasmani dan rohani, tanggapan masyarakat, perbaikan syarat calon,  dan verifikasi hasil perbaikan. 

Nah sesudah melalui tahapan-tahapan tersebut, barulah kemudian pada tanggal 23 September nanti,  akan ditetapkan dalam rapat pleno KPU, siapa yang benar-benar memenuhi syarat sebagai Pasangan Calon peserta pemilihan.  

Ada kemungkinan bapaslon akan tereliminasi jika dari hasil verifikasi, ternyata syarat calon tidak terpenuhi keabsahannya secara kumulatif.  

So,  kurang tepat para kandidat yang baru mendaftar disebut 'pasangan calon'.  Sebutlah mereka sebagai 'bakal pasangan calon'.  Tunggu tanggal 23 September 2020 barulah akan nyata siapa yang layak disebut Pasangan Calon (Paslon)  peserta pemilihan serentak 2020.

Inga-inga (nanti)  23 September!  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.